Cari Blog Ini

Kamis, 10 Maret 2011

TIPS DAN TRIK MENGHADAPI UN DAN SMPTN

Belajar merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para pelajar. Belajar pada umumnya dilakukan di sekolah ketika jam pelajaran berlangsung dibimbing oleh Bapak atau Ibu Guru. Belajar yang baik juga dilakukan di rumah baik dengan maupun tanpa pr / pekerjaan rumah. Belajar yang dilakukan secara terburu-buru akibat dikejar-kejar waktu memiliki dampak yang tidak baik.

Berikut ini adalah tips dan triks yang dapat menjadi masukan berharga dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi ulangan atau ujian :

1. Belajar Kelompok

Belajar kelompok dapat menjadi kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan karena ditemani oleh teman dan berada di rumah sendiri sehingga dapat lebih santai. Namun sebaiknya tetap didampingi oleh orang dewasa seperti kakak, paman, bibi atau orang tua agar belajar tidak berubah menjadi bermain. Belajar kelompok ada baiknya mengajak teman yang pandai dan rajin belajar agar yang tidak pandai jadi ketularan pintar. Dalam belajar kelompok kegiatannya adalah membahas pelajaran yang belum dipahami oleh semua atau sebagian kelompok belajar baik yang sudah dijelaskan guru maupun belum dijelaskan guru.

2. Membuat Planning Yang Baik


Untuk mencapai suatu tujuan biasanya diiringi oleh planning (perencanaan) yang baik. Oleh karena itu, ada baiknya Anda membuat rencana belajar dan rencana pencapaian nilai untuk mengetahui apakah kegiatan belajar yang Anda lakukan telah maksimal atau perlu ditingkatkan. Sesuaikan target pencapaian dengan kemampuan yang Anda miliki. Jangan menargetkan yang

3. Rajin Membuat Rangkuman Pelajaran

Bagian-bagian penting dari pelajaran sebaiknya dibuat catatan di kertas atau buku kecil yang dapat dibawa kemana-mana sehingga dapat dibaca di mana pun Anda berada. Namun catatan tersebut jangan dijadikan media mencontek karena dapat merugikan Anda sendiri.

yang nomor satu jika saat ini Anda masih di luar 10 besar di kelas. Buat rencana belajar yang diprioritaskan pada mata pelajaran yang lemah. Buatlah jadwal belajar yang baik.

4. Disiplin Dalam Belajar

Apabila Anda telah membuat jadwal belajar, maka harus dijalankan dengan baik. Contohnya seperti belajar tepat waktu dan serius tidak sambil main-main dengan konsentrasi penuh. Jika waktu makan, mandi, ibadah, dan sebagainya telah tiba maka jangan ditunda-tunda lagi. Lanjutkan belajar setelah melakukan kegiatan tersebut jika waktu belajar belum usai. Bermain dengan teman atau game dapat merusak konsentrasi belajar. Sebaiknya kegiatan bermain juga dijadwalkan dengan waktu yang cukup panjang namun tidak melelahkan jika dilakukan sebelum waktu belajar. Jika bermain video game sebaiknya pilih game yang mendidik dan tidak menimbulkan rasa penasaran yang tinggi ataupun rasa kekesalan yang tinggi jika kalah.

5. Menjadi Aktif Bertanya dan Ditanya

Jika ada hal yang belum jelas, maka tanyakan kepada guru, teman atau orang tua. Jika Anda bertanya biasanya Anda akan ingat jawabannya. Jika bertanya, bertanyalah secukupnya dan jangan bersifat menguji orang yang Anda tanya. Tawarkanlah pada teman untuk bertanya kepada Anda hal-hal yang belum dia pahami. Semakin banyak ditanya maka Anda dapat semakin ingat dengan jawaban dan apabila Anda juga tidak tahu jawaban yang benar, maka Anda dapat membahasnya bersama-sama dengan teman.

6. Belajar Dengan Serius dan Tekun

Ketika belajar di kelas dengarkan dan catat apa yang guru jelaskan. Catat yang penting karena bisa saja hal tersebut tidak ada di buku dan nanti akan keluar saat ulangan atau ujian. Ketika waktu luang baca kembali catatan yang telah dibuat tadi dan hapalkan sambil dimengerti. Jika Anda sudah merasa mantap dengan suatu pelajaran maka ujilah diri sendiri dengan soal-soal. Setelah soal dikerjakan periksa jawaban dengan kunci jawaban. Pelajari kembali soal-soal yang salah dijawab.

7. Hindari Belajar Berlebihan

Jika waktu ujian atau ulangan sudah dekat biasanya Anda akan panik jika belum siap. Jalan pintas yang sering dilakukan oleh pelajar yang belum siap adalah dengan belajar hingga larut malam / begadang atau membuat contekan. Sebaiknya ketika akan ujian tetap tidur tepat waktu karena jika bergadang semalaman akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan, terutama bagi anak-anak.

8. Jujur Dalam Mengerjakan Ulangan Dan Ujian

Hindari mencontek ketika sedang mengerjakan soal ulangan atau ujian. Mencontek dapat membuat sifat Anda curang dan pembohong. Kebohongan bagaimanapun juga tidak dapat ditutup-tutupi terus-menerus dan cenderung untuk melakukan kebohongan selanjutnya untuk menutupi kebohongan selanjutnya. Anggaplah dengan nyontek pasti akan ketahuan guru dan memiliki masa depan sebagai penjahat apabila Anda melakukan kecurangan.

9. Selalu memotivasi diri

Ingatlah keberhasilan tergantung kepada niat, pikiran dan usaha Anda. Tuhan pun tak akan merubah Anda bila Anda sendiri tak punya niatan untuk berubah. Buktikan niat Anda dengan belajar. Motivasi harus lahir dari diri sendiri, bukan karena orang tua, teman atau pacar. Anda mempunyai cita-cita, harapan dan impian di depan. Fokuskan pikiran dan rasa Anda bahwa semua cita-cita, harapan dan impian bisa dan mampu Anda raih. Jangan pernah katakan dalam diri dan pikiran Anda “TIDAK BISA, “TIDAK MUNGKIN”,”TIDAK MAMPU”. Jangan jadi pecundang sebelum melangkah dan berperang. Jadilah Anda sebagai pemenang!!!

Semoga tips cara belajar yang benar ini dapat memberikan manfaat untuk Anda semua, Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar