Cari Blog Ini

Rabu, 03 Maret 2010

Ilmuwan Temukan 32 Planet Baru




Astronom Eropa mengumumkan telah menemukan 32 planet baru yang mengorbit sejumlah bintang di luar sistem tata surya kita. Temuan itu menunjukkan 40% bintang memiliki planet. Planet-planet itu memiliki ukuran mulai dari sekitar lima kali Bumi hingga lima kali Yupiter, kata mereka. Sejumlah planet lain juga telah ditemukan, dan para astronom berjanji akan mengumumkan hal itu pada akhir tahun ini.


Penemuan terakhir itu membuat jumlah planet yang ditemukan di luar sistem tata surya kita menjadi sekitar 400, kata Stephane Udry dari Observatorium Jenewa di Swiss.  “Alam sepertinya tidak kosong, jika ada ruang untuk planet maka akan ada planet di sana,” kata Udry kepada wartawan dalam penjelasan di pertemuan astronom di Porto, Portugal.


“Lebih dari 40% bintang seperti Matahari memiliki planet-planet dengan massa rendah,” tambahnya. Tim astronom itu menggunakan spektrograf HARPS (Pencari Planet Kecepatan Cahaya Akurasi Tinggi) yang dipasang pada teleskop 3,6 meter Observatorium Selatan Eropa (ESO) di La Silla, Chile.


Spektrograf itu tidak menggambarkan planet-planet tersebut secara langsung, namun ilmuwan bisa menghitung ukuran dan massanya dengan mendeteksi perubahan kecil pada getaran bintang yang ditimbulkan oleh tarikan gravitasi kecil planet. Para astronom ingin menemukan planet-planet seperti Bumi karena ini merupakan tempat yang paling memungkinkan untuk menopang kehidupan.


HARPS telah menemukan 75 planet yang mengitari 30 bintang yang berbeda. Tim ESO tidak memberikan penjelasan terinci mengenai bintang-bintang apa yang diorbit oleh ke-32 planet baru itu. (humasristek).

1 komentar:

  1. aziz al alim17 Mei 2010 16.39

    tadz,,, mantap cerita'y ana suka

    BalasHapus